Lippo Karawaci Tbk., Developer Besar di Indonesia dengan Aset Puluhan Triliun

developer besar di Indonesia

Ini merupakan salah satu pengembang atau developer besar di Indonesia dengan nilai aset lebih dari 57 triliun rupiah hingga kuartal pertama tahun 2018.

Tahun lalu, perusahaan ini juga masuk dalam jajaran developer besar di Indonesia yang menerima penghargaan BCI Asia Top 10 Awards 2018. Penghargaan yang diberikan pengembang dengan nilai proyek terbesar yang sedang dibangun sepanjang 2017.

PT Lippo Karawaci Tbk (awalnya bernama PT Tunggal Reksakencana) didirikan pada Oktober 1990 sebagai anak perusahaan Lippo Group

Salah satu developer besar di Indonesia ini memiliki sejumlah project terdiri dari kota mandiri, hunian, rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan hingga kawasan industri.

Sejumlah kota mandiri yang dibuat oleh Lippo Karawaci direncanakan dengan baik dan dirancang untuk mengantisipasi perkembangan penduduk, dimana targetnya sendiri adalah masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas.

Sejumlah project kota mandiri persembahan developer besar di Indonesia ini di antaranya adalah Lippo Village yang diresmikan pada Januari 1993 di Karawaci, Tangerang

developer besar di indonesia
photo : lippovillage.com

Ini bisa dibilang produk utama dan populer dari Lippo Karawaci, yang dihuni oleh lebih kurang 70 ribu orang, dan  dianggap sebagai kota satelit yang paling sukses di Indonesia dengan fasilitas dan infrastuktur berstandar internasional.

Kota mandiri berikutnya yang dibangun adalah Lippo Cikarang yang merupakan kawasan pemukiman teringerasi dengan kawasan industri. Terdapat sekitar 50 ribu orang yang tinggal di area ini ditambah sekitar 990 pabrik.

developer besar di Indonesia
photo : lippo-cikarang.com

Tak hanya di Pulau Jawa, Lippo Karawaci Tbk. juga memiliki project kota mandiri di Makassar, Sulawesi Selatan, namanya Tanjung Bunga yang dioperasikan pada 1997 dengan populasi sekitar 14 ribu orang.

Holland Village Manado, menjadi project lainnya dari Lippo Karawaci Tbk. di Sulawesi. Proyek kota pintar terintegrasi ini nilainya mencapai Rp 1,3 triliun yang akan dikembangkan di atas lahan seluas 11,6 hektar.
developer besar di Indonesia
photo : hollandvillagemanado.com

Menurut rencana akan ada sekitar 500 unit rumah didalamnya, dengan 80.000 meter persegi untuk kompleks perumahan dan sisanya, yakni 140.000 meter persegi untuk fasilitas kota pintar.

Selain kota mandiri, Lippo Karawaci juga memiliki pembangunan terintegrasi dalam skala besar. Dimana project ini menggabungkan hunian, area komersial dan hiburan, perkantoran serta juga dilengkapi fasilitas kesehatan dan pendidikan. Beberapa project-nya yaitu:

Kemang Village

developer besar di Indonesia
photo : kemangvillage.com

Dibangun di atas lahan 15 hektar, project ini menggabungkan area hunian dengan hotel, mal, rumah sakit, sekolah bertaraf internasional, serta dilengkapi berbagai fasilitas, salah satunya adalah spa.

The St. Moritz Penthouses & Residences


photo : thestmoritz.com

Berdiri di atas lahan seluas 11,4 hektar, The St. Moritz menawarkan konsep pembangunan yang akan menggabungkan kondominium, hotel, kantor, mal, pusat konvensi, rumah sakit, sekolah hingga Sea World. 

City of Tomorrow

developer besar di indonesia
photo : lippomalls.com

Proyek berskala besar yang pertama bagi Lippo Karawaci di Surabaya. Dibangun di atas lahan seluas 2.6 hektar, yang di dalamnya terdapat mal, hunian, menara perkantoran, hotel dan sekolah tinggi. 

St. Moritz Makassar

developer besar di indonesia
photo : thestmoritzmakassar.com

Sebuah proyek pembangunan yang terintegrasi, dibangun di atas lahan seluas 2,7 hektar, yang di antaranya terdiri dari hunian yang mewah, hotel, mal, rumah sakit, sekolah, pusat hiburan dan pusat makanan. 

Monaco Bay, Manado


developer besar di indonesia
photo : monaco-bay.com
Sebuah proyek pengembangan terintegrasi senilai Rp 6 triliun di atas lahan seluas 8 hektar, dimana pengembangan tahap pertama dimulai dengan peluncuran Monaco Suites, sebuah menara kondominium 40 lantai.

Meikarta, Lippo Cikarang

developer besar di Indonesia
photo : meikarta.com

Salah satu project Lippo Karawaci yang cukup banyak disoroti adalah Meikarta yang diproyeksikan menjadi kota modern terlengkap di Asia Tenggara.

Meikarta menjanjikan infrastruktur serta desain yang modern, canggih dan berskala internasional, serta akan memiliki 100 gedung pencakar langit berupa gedung perkantoran, apartemen, perumahan, dan dilengkapi juga dengan mall, rumah sakit, sekolah dan sebagainya.