5 Hal Penting Saat Ingin Investasi Tanah Kavling

investasi tanah kavling
Photo : google images

Investasi properti menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat saat ini karena nilainya yang terus meningkat dan untung yang menggiurkan.

Salah satunya adalah investasi tanah kavling atau kaveling, yang bahkan untungnya bisa berkali lipat.

Kalau Anda ingin bisa jual cepat tanah kavling, berikut 5 hal yang perlu diketahui:

1. Cek aspek legalitas properti


Kelengkapan surat dan aspek legalitas lainnya merupakan hal yang wajib untuk disiapkan dalam investasi tanah kavling.

Pastikan untuk memeriksa sertifikat lahan, atau bisa cek langsung ke pejabat setempat seperti kelurahan dan kecamatan, dimana informasi properti di kawasan yang bersangkutan tercatat secara lengkap. 

Yang jelas pastikan tanah dalam kondisi clean dan clear.

investasi tanah kavling
photo : google images

2. Mengaveling tanah


Untuk Anda yang memiliki tanah cukup luas dan ingin mulai investasi tanah kavling, maka Anda perlu membuat kavlingan tanah, dimana ukuran yang umum di antaranya adalah 10 x 20 m atau 10 x 12 m.

Meski sebagai pemilik Anda bebas menentukan ukuran, namun intinya harus disesuaikan dengan luas total tanah yang dimiliki, agar Anda mendapat hasil terbaik.

Lalu dalam investasi tanah kavling Anda juga perlu mempertimbangkan akses jalan. Semakin lebar akses jalannya, maka orang akan lebih tertarik untuk membeli.

Jalan kavling biasanya memiliki lebar 10 meter, dimana jalan dengan lebar seperti ini, biasanya punya kecenderungan untuk dibenahi dan diaspal oleh pemerintah. 

Kalau begini, akan jadi keuntungan tersendiri bagi investasi tanah kavling Anda.

investasi tanah kavling
photo : google images

3. Menentukan harga


Seperti umumnya properti, menentukan harga ketika Anda memiliki investasi tanah kavling juga mengikuti harga pasaran di lokasi yang bersangkutan.

Jangan menyamaratakan harga, karena semakin dekat ke jalan utama tentunya lebih mahal dibanding dengan tanah kavling yang posisinya di ujung. Bahkan beda harganya bisa sekitar 50% hingga 100%.

Lalu sebaiknya jangan jual habis semua kavling yang ada. Anda bisa simpan beberapa kavling untuk dijual nanti, karena seperti yang dibahas sebelumnya, harga tanah setiap tahun cenderung meningkat.

Jadi sangat mungkin tanah Anda yang belum terjual dan berada di sekitar kavling yang sudah laku, mengalami kenaikan harga dalam beberapa tahun mendatang.
investasi tanah kavling
photo : google images

4. Meningkatkan nilai tanah kavling


Sama halnya dengan rumah, dalam investasi tanah kavling, Anda juga bisa meningkatkan nilai propertinya.

Misal dengan melakukan pembersihan tanah agar terlihat lebih luas. Jika kondisi tanah berbukit-bukit, Anda bisa coba ratakan lebih dulu sebelum dijual. Lalu buat juga parit agar air tidak menggenang di atas properti Anda.

Kalau punya modal, lakukan pengerasan untuk jalan yang ada di dekat tanah kavling. Selain lokasi, calon pembeli tanah kavling akan sangat mempertimbangkan akses, topografi dan lain-lain.

5. Promosi kavling


investasi tanah kavling
photo : google images
Langkah penting berikutnya dari investasi tanah kavling adalah promosi atau iklan. 

Hal ini bisa dilakukan melalui media online dimana Anda harus memberi ulasan mengenai kelebihan tanah, misalnya lokasi yang dekat pusat kota atau kawasan-kawasan populer dengan fasilitas transportasi memadai.

Perkembangan lingkungan sekitar juga bisa jadi nilai lebih properti, termasuk fasilitas penunjang yang tak hanya bisa menarik minat, tapi juga menaikkan nilai jual. 

Sementara untuk promosi  offline bisa dengan menyebarkan selebaran atau informasi melalui kerabat, teman dll. 

Jangan lupa untuk memasang informasi detail di lokasi properti yang dijual. Cantumkan informasi tanah dan juga kontak person yang bisa dihubungi dengan mudah.

Untuk menarik minat pembeli, kalau perlu Anda berikan penawaran spesial sebagai salah satu trik untuk menarik perhatian, misalnya dengan memberikan diskon untuk pembeli pertama.